Tips Dan Saran Sukses Di Internet Marketing Dari Admin Maxmanroe.com ( Marikxon Manurung )

Apa ? ada yang belum kenal dengan Marikson Manurung, Siapa sih Marikson Manurung ?. Untuk yang belum tahu, beliau merupakan seorang blogger dan internet marketer yang telah sukses yang merupakan admin dan sekaligus pemilik blog Maxmanroe.com yang cukup fenomenal saat ini... 
Google.com
 Karena menurut saya pribadi seorang blogger yang masih bisa di bilang seorang pemula.. heheh. Menginginkan punya blog yang keren, terkenal, pengunjungnya banyak dan tentunya bisa menjadi tempat untuk menghasilkan uang?Hampir semua blogger pasti kepengin, meskipun tidak semua blogger mempunyai tujuan supaya bisa terkenal atau bisa menghasilkan uang.

Nah mungkin pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit berbagi hasil wawancara mas Sugeng ( Sugeng.id ) dengan salah satu blogger sukses Indonesia, Marikxon Manurung yang mudah-mudahan dapat menjadi motivasi dan juga inspirasi buat sobat semua yang ingin sukses dari ngeblog.Marikxon Manurung merupakan admin dari blog ( maxmanroe.com ), sebuah blog terkenal dan sukses di Indonesia yang membahas tentang Internet Marketing atau Bisnis Online.

Google.com
Silakan bisa disimak hasil wawancara Mas Sugeng dengan Marikxon Manurung di bawah ini. Banyak tips-tips luar biasa yang bisa sobat dapatkan dari wawancara ini. Jadi bacalah sampe tuntas.

1. Boleh diceritakan sedikit awal mula sampai bisa terjun ke dunia bisnis online dan blogging? Pertama sekali tertarik dengan dunia blogging adalah pada awal tahun 2009. Waktu itu saya buka blog seorang teman kantor. Saya minta diajarin sama dia untuk bikin blog, sudah jadi blognya tapi rasanya belum puas karena kurang menarik.


Akhirnya saya searching di Google, cara membuat blog. Saya ketemu sebuah iklan yang mengarahkan saya ke website AsianBrain.com. Setelah membaca website tersebut, rasa penasaran saya semakin besar terhadap dunia blogging dan bisnis online. Akhirnya saya gabung belajar di sana. Itu awalnya.

2. Kemampuan bisnis online dan blogging yang om miliki saat ini pastinya tidak datang dengan sendirinya. Apakah om mempelajari ilmu bisnis online ini secara otodidak, mengikuti kursus, atau memang datang dengan sendirinya?

Awalnya saya belajar di AsianBrain.com. Di sana saya belajar banyak tentang internet marketing. Salah satu materi internet marketing yang sangat saya sukai adalah blogging dan SEO. Saya fokus di blogging dan SEO untuk website affiliasi Amazon, dan hasilnya cukup memuaskan. Selain belajar blogging, SEO, dan Amazon, saya juga belajar tentang Google Adsense dari AsianBrain.

Selain AsianBrain, saya juga banyak belajar dari situs forum Ads.id (dulu namanya Adsense-Id.com). Materi yang ada di sana sebenarnya sangat banyak, tapi tidak tersusun dengan rapih, dan ada aja materi yang menurut saya tidak baik dan mengarah menjerumuskan. Jadi saya harus rajin memfilter dan sangat hati-hati saat menerapkan ilmu dari thread-thread yang ada di sana.

Ada beberapa hal tentang internet marketing yang saya dapatkan secara otodidak karena praktek dan pengalaman pribadi. Semua orang yang mempelajari dan praktek ilmu internet marketing pasti memiliki keunikan masing-masing, ini karena coba-coba sendiri.

3. Dilihat dari segi trafik, ranking dan penghasilan, blog maxmanroe.com boleh dibilang merupakan salah satu blog yang begitu fenomenal di Indonesia. Apakah rahasia di balik kesuksesan blog tersebut?

Hahaha… mas Sugeng paling bisa dah, fenomenal apanya. Biasa aja itu. Saya tidak tau rahasianya apa mas. Yang saya tau, saya punya passion di sana (blogging dan Internet Marketing), mungkin itu rahasianya ya.

4. Dari segi SEO blog maxmanroe bisa dibilang begitu luar biasa karena menguasai hampir kebanyakan Keyword populer. Selain SEO, kira-kira adakah strategi lain yang om gunakan untuk mendatangkan trafik pengunjung?

Selain dengan SEO, saya juga mempromosikan blog saya melalui email marketing dan social media marketing. Kalau Mas Sugeng lihat Facebook Fans Page web Maxmanroe.com saat ini dengan fans puluhan ribu, pasti mas bisa melihat potensi trafik dari sana. Setiap kali ada postingan baru ke Facebook Fans Page, ini bisa menjadi potensi trafik yang bagus. Begitu juga dengan Twitter dan Google+

Sebagai tambahan untuk branding, saya juga promosi di beberapa blog lain. Misalnya memasang feed ataupun link di blog lain menuju blog saya. Tentunya ini menambah trafik juga ke blog saya.

5. Metode apa sajakah yang om gunakan untuk menghasilkan uang dari blog maxmanroe.com? Awalnya saya menggunakan metode Pay Per Post, Affiliate, dan space iklan (banner). Tadinya blog itu hanya untuk catatan pribadi saja, karena Maxmanroe.com bukan bisnis online utama saya. Saya fokus main affiliasi Amazon.

Waktu itu saya coba memasang script Google Adsense milik adik saya di blog tersebut. Ternyata hasilnya cukup bagus, akhirnya terus memasang iklan Adsense di sana dengan sistem bagi hasil dengan adik hehehe.

Sebenarnya dulu saya punya akun Google Adsense, tapi sudah dibanned tahun 2012 yang lalu, ngga tau kenapa dibanned. Dan saya tidak membuat akun Google Adsense yang baru karena saya pikir lebih nyaman seperti sekarang, berbagi hasil saja dengan adik. Biaya server dan penulis bisa di-cover.

6. Kalau tidak keberatan boleh dibagikan sedikit data statistik blog maxmanroe.com, seperti jumlah pengunjung, penghasilan, atau yang lain?

Maaf mas, saya tidak bisa memberikan detail data Google Analytics, tapi trafik web Maxmanroe.com saat ini sekitar 13.000 (weekend) – 16.000+ (weekday) UV per hari.

Penghasilan dari web tersebut cukup besar, baik dari advertiser yang langsung menghubungi saya maupun dari Google Adsense. Tapi maaf, saya tidak bisa memberikan detail angkanya, rahasia perusahaan mas hehehe.

7. Selain blog maxmanroe.com, adakah blog lain yang om kelola atau jenis bisnis online lain yang om jalani saat ini?

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, saya sebenarnya pemain Affiliasi Amazon.com. Tapi saya juga tetap konsen membangun web Maxmanroe.com, karena pasar lokal lebih mudah menurut saya dan akan punya potensi lebih ‘GILA’ beberapa tahun yang akan datang.
Ya, saya punya beberapa blog dan toko online (dropship), baik itu untuk market luar ataupun market lokal. Hmmm Saya juga pernah ikut bisnis MLM online lho, tapi sepertinya saya tidak berbakat di bisnis ini, saya gagal hahaha.

8. Persaingan bisnis online dan juga blogging bisa dibilang semakin ketat. Kira-kira apa saran yang bisa om berikan untuk pemula yang baru terjun ke dunia bisnis online dan juga blogging?

Persaingan memang pasti ada, kalau tidak ada persaingan berarti potensi bisnisnya tidak ada di sana. Saran saya untuk para pemula yang mau terjun di bisnis online dan blogging for money:

– Rajin Belajar dan Praktek

Kalau masih pemula tentunya harus belajar ya (belajar dan praktek). Kalau memang harus mengeluarkan dana untuk belajar, pastikan belajar dari orang yang tepat. Jangan sembarang memilih mentor, karena saat ini banyak yg dianggap master di internet marketing malah ‘MEMANGSA’ para pemula. Intinya, investasi untuk belajar juga harus hati-hati.

Jangan pelit mengeluarkan uang untuk belajar (tapi jangan boros juga), anggap aja seperti biaya seperti saat kita sekolah dulu. Pelajari hal-hal teknis dan non teknis tentang seluk beluk blogging dan bisnis online. Dan yang gak kalah penting adalah konsistensi kita dalam belajar dan praktek.

– Memahami Diri Sendiri

Hmmm kayaknya lebay ya bahasanya hehehe… tapi beneran lho. Saya pernah membuat website yang tidak saya kuasai, tidak saya sukai topiknya, dan potensi bisnis jangka panjangnya belum jelas. Awalnya semangat mengerjakannya, lama-lama malas membuat konten, semakin bosan, lalu web itu mati suri, dan akhirnya website itu mati untuk selamanya!

Bangunlah website/ blog sesuai dengan minat atau keahlian, atau paling nggak topiknya berpotensi menghasilkan uang banyak. Awalnya memang ga suka, tapi lama-lama pasti suka, siapa sih yang tidak suka blog yg menghasilkan uang banyak? Sukai dan sayangi blog mu, menurut saya ini sangat krusial. Dengan begitu kita tidak akan kehabisan ide dalam membangun konten di dalamnya..

– Be Unique

Jangan suka meniru-niru orang lain. Terinspirasi boleh dan memang itu hal yang wajar, saya juga sering terinspirasi dari blogger dan pebisnis online lainnya. Tapi kalau kita membangun blog, kita harus punya keunikan yang tidak dimiliki blogger lain. Masing-masing orang pasti memiliki keunikan, ini yang akan membuat blog kita disukai atau tidak disukai visitor.

– Inovasi

Sebuah blog/ website akan terus berkembang bila ada inovasi yang dilakukan oleh si pemilik blog. Inovasi itu bisa berbagai macam, mulai dari desain web, pembuatan konten, strategi promosi, dan lain-lain. Berusahalah membangun blog seolah-olah kita adalah blogger professional sekaligus pebisnis, nanti lama-lama pasti akan jadi blogger professional dan pebisnis sungguhan.

– Jangan Pernah Menyerah

Banyak pemula yang langsung menyerah saat blog yang dia miliki stagnan dan tidak menunjukkan perkembangan trafik. Atau mungkin blognya mengalami DEINDEX Google (Ini horror banget hahaha), saya tau rasanya gimana, trust me! Sakitnya tuh di hati, kepala, perut, banyak deh sakitnya. Seringkali perasaan capek dan perasaan sakit hati ini membuat malas belajar dan malas kerja. Pokoknya pemula harus hati-hati dengan perasaannya deh hehehe.

– Dan lain-lain

Poin 6 dan seterusnya bisa dilanjutkan oleh orang lain, karena pengalaman masing-masing orang pasti berbeda. Sebagian dari pengalaman saya sudah saya share di atas. Mudah-mudahan bisa membantu teman-teman blogger. Terimakasih.
Newest
Previous
Next Post »